Teh untuk kecantikan dan kesehatan

Seringkali saya mengawali hari dengan minum secangkir teh sebagai teman sarapan. Kadang saya juga meminumnya malam hari, apalagi saat hujan, hmmm.. setiap orang punya caranya sendiri menikmati minuman ini, tak terkecuali saya (^.^)

Teh punya banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh. Sejak ditemukan di Cina 2737 SM oleh kaisar Shen Nung, teh menjadi minuman populer hingga ke Inggris. Teh mendapat julukan 'daun dewa' karena dapat menyembuhkan sakit kepala dan mempunyai banyak manfaat karena mengandung polifenol.

Polifenol adalah zat yang sangat kaya antioksidan. Kandungan polifenol dalam teh 10 kali lipat lebih tinggi dibanding buah dan sayuran. Oleh karena itu, teh berguna untuk menghambat paparan radikal bebas dari proses oksidasiyang merusak sel tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker, membuat regenerasi kulit lebih baik, menurunkan resiko serangan jantung, mencegah obesitas dan meningkatkan memori kognitif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa teh yang ditanam di Indonesia mempunyai kandungan polifenol organik dua kali lipat lebih tinggi dari yang ditanam di Jepang, Cina dan Taiwan.

Dari satu pohon yang sama dikenal 4 jenis teh yang berbeda berdasarkan proses produksinya yaitu black tea, oolong tea, green tea dan white tea.

Black Tea 
Adalah jenis teh yang sering kita minum. Setelah dipetik, teh diproduksi dengan cara dikeringkan dan difermentasikan. Teh hitam dapat menetralisasi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, termasuk kolagen dan elastin, penyakit jantung, stroke dan penyakit generatif lainnya. 

Air seduhan teh hitam sangat baik untuk mendinginkan kulit yang terbakar. Jika dioleskan juga bisa berfungsi mengurangi penumpukan cairan di kulit misalnya untuk mengurangi lingkaran gelap pada mata, kantong mata, dan menyamarkan mata bengkak akibat kurang istirahat. Air teh hitam juga dapat digunakan untuk mencuci muka (mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori), antiseptik untuk mengurangi gatal-gatal dan bengkak, lip toner untuk membuat bibir lebih lembut. Gunakan teh hitam pada bilasan terakhir saat keramas, karena dapat berfungsi memperkuat rambut agar lebih sehat atau sebagai air rendaman kaki yang berfungsi sebagai anti bakteri dan antijamur.

Oolong Tea
Teh ini lebih populer dengan sebutan Chinese tea. Teh oolong adalah teh yang didapatkan dari hasil penguapan lalu mengalami proses oksidasi atau fermentasi sebagian. selain berfungsi seperti teh hitam, khasiatnya baik untuk mencegah obesitas dan meluruhkan lemak. untuk berdiet, minum teh oolong 3-10 gelas cangkir selama 1 bulan untuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak.

Green Tea
Teh ini sangat populer di jepang dan Cina. Diperoleh dari pucuk daun teh yang paling atas lalu diuap dengan temperatur rendah dan dikeringkan tanpa proses fermentasi. Karena tidak difermentasikan, khasiat teh hijau menjadi lebih baik dibandingkan teh hitam.

Teh hijau berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, menurunkan kolesterol jahat dan mencegahnya menempel di pembuluh darah, menstabilkan kadar gula, mencegah kerusakan saraf dan otak akibat penuaan, mencegah resiko jantung koroner, mengencerkan darah, menyeimbangkan tekanan darah, meningkatkan ambang rangsang rasa sakit dan antiradang terutama pada sakit kepala dan rematik, mencegah mutasi sel penyebab kanker, membuat tulang lebih kuat dan mencegah kerusakan DNA sel.

Untuk kecantikan, teh hijau mengandung antioksidan yang potensial untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan proses pemecahan lemak sehingga mencegah obesitas, mengurangi selulit dan lemak di bawah kulit, mengandung fluoride (meperkuat gusi, gigi, menghambat bakteri plak) serta menghilangkan bau mulut. Air seduhannya jika dioleskan pada kulit dapat mengurangi resiko gangguan kulit akibat sinar matahari, merangsang dan menebalkan jaringan penunjang kulit, memperbaiki dan merangsang jaringan kolagen dan elastin sehingga mengurangi kerut dan membuat awet muda.

White Tea
Teh jenis ini sangat jarang dan masih sulit didapat. teh ini dibuat dari kuntum daun teh paling muda yang belum merekah dan masih dilapisi selaput benag keperakan, lalu diuap dan dikeringkan tanpa proses fermentasi. Air seduhannya akan berwarna kuning pucat, beraroma lembut segar serta terasa manis. Semua manfaat teh hijau ada di white tea dengna kandungan catechin tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan teh hijau. Disarankan untuk minum 5-6 cangkir white tea setiap hari.

Red Tea 
Teh ini berasal dari tumbuhan Rooibus yang tumbuh di cape Town, Afrika Selatan. kandungan antioksidannya 50 kali lipat lebih tinggi dibandingkan teh hijau. Kandungan didalamnya dapat menngkatkan regenerasi sel kulit. Red tea tidak mengandung kafein, kaya vitamin C, vitamin E dan karotin yang dapat mempercepat tumbuhnya sel kulit baru dan meluruhkan sel kulit mati.



Image from http://www.health-vitamin.com/

Related Post :

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Purple Roseberry Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger